22 June, 2012

oleh admin

Banyak tahap-tahapan tes yang menjadi andalan dari perusahaan untuk menentukan calon pegawai yang akan direkrutnya. Dari tes administrasi, tes psikologis, tes kesehatan, tes wawancara hingga akirnya pada tahap kontrak kerja.

Banyak calon pegawai yang khawatir saat menghadapi tes kesehatan karena merasa dirinya tidak menjalankan gaya hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat memang mutlak dilakukan bagi calon pegawai yang ingin lolos tes kesehatan.

Selain itu calon pencari kerja juga perlu didata kesehatan tubuhnya seperti apakah menderita penyakit berat, mengkonsumsi narkoba atau tidak, adanya luka bekas operasi, patah tulang, golongan darah dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tes umum yang biasa dilakukan

  1. Tensi atau tekanan darah. Normalnya 120/80 mmHg, tekanan darah tinggi maupun rendah sama-sama tidak baik. Ini merupakan tanda vital yang penting karena kesehatan jantung sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  2. Tes urin. Tes ini dilakukan untuk memeriksa fungsi ginjal, mendeteksi beberapa penyakit, adanya alkohol atau mengkonsimsi obat-obat terlarang.
  3. Tes darah. Hampir sama dengan tes urin, tes darah bisa mendeteksi adanya amfetamin, kokain, ganja, metamfetamin, opiat, nikotin, dan alkohol. Mendeteksi adanya virus HIV juga bisa dilakukan dengan menggunakan sampel darah.
  4. Rontgen. Tes ini sering menakutkan bagi para perokok. Kondisi organ dalam dada terutama jantung dan paru-paru bisa terlihat dengan tes ini.
  5. Tes audiometri (pendengaran). Audiometri adalah pemeriksaan untuk menentukan jenis dan derajat ketulian (gangguan dengar). Biasanya pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan headset untuk mengetes telinga bagian kanan dan kiri.
  6. Tes fisik. Tes ini dilakukan untuk memiriksa bagian fisik dari ujung kaki hingga ujung kepala. Meliputi fisik mata, tinggi badan, berat badan, gigi dan mulut, kerongkongan, pemeriksaan fisik jantung, perut, pemeriksaan adanya tato, tindikan, hingga pemeriksaan adanya wasir.
  7. Tes visus . Tes penglihatan mata digunakan untuk memeriksa penglihatan. Menggunakan kartu snellen yang susunan huruf dan ukurannya bervariasi. Dites mata kanan dan kiri secara bergantian.
  8. Tes buta warna. Dilakukan dengan menggunakan gambar Ishihara yaitu buku yang berwarna warni, dimana dalam setiap gambarnya tersebunyi angka tertentu.

Tes kesehatan yang dilakukan pencari kerja bermacam-macam tergantung dari pekerjaan yang ditawarkan. Misalnya orang yang melamar pekerjaan Petugas Pemadam Kebakaran harus ikut tes EKG (tes jantung), Threatmil dan juga lari keliling lapangan bola.

Yang dapat dilakukan oleh para pencari kerja adalah mempersiapkan badan agar tetap bugar dengan olahraga secara teratur, makan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Jika tidak lulus tes kesehatan jangan terlalu dipusingkan, anggap saja sebagai teguran supaya kita lebih menjaga kesehatan.

Sumber http://tipskesehatan.web.id/tips-sebelum-tes-kesehatan